Foundations of Electronic Commerce
E-Commerce
Electronic Commerce sebagai
bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan
electronic transmission), oleh para ahli dan pelaku bisnis dicoba dirumuskan
definisinya. Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk
transaksi perdaganga/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and services)dengan
menggunakan media electronic. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas
bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya,
“e-commerce is a part of e-business”
Konsep
lain dari e-commerce
- Pure Versus Partial EC
- EC Organization
- brick-and-mortar (old economy) organizations
- virtual (pure-play) organizations
- click-and-mortar (click-and-brick) organizations
Kelebihan E-commerce
- Meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pemasaran
- Memudahkan bagi calon pembeli untuk melakukan pembelian produk khususnya, produk yang sulit dicari atau jauh dari tempat tinggalnya
- Meningkatkan daya saing perusahaan
Kekurangan E-commerce
- Produk yang dijual tidak semuanya ditampilkan
- Penjelasan produk kurang jelas
- Sering dijadikan untuk melakukan tindak kejahatan, khusuhnya penipuan
Beberapa aplikasi umum yang
berhubungan dengan e-commerce adalah :
- E-mail dan Messaging
- Content Management Systems
- Document , Spreadsheet , Database
- Accounting dan sistem keuangan
- Informasi pengiriman dan pemesanan
- Conferencing
- On-line shopping
- Newsgroup
Terimakasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar