Minggu, 07 Oktober 2012

Foundations of Electronic Commerce


Foundations of Electronic Commerce
E-Commerce
Electronic Commerce sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission), oleh para ahli dan pelaku bisnis dicoba dirumuskan definisinya. Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdaganga/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and services)dengan menggunakan media electronic. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya, “e-commerce is a part of e-business”

Konsep lain dari e-commerce
  1.   Pure Versus Partial EC
  2.  EC Organization
    • brick-and-mortar (old economy) organizations
    • virtual (pure-play) organizations
    • click-and-mortar (click-and-brick) organizations

Kelebihan E-commerce
  •  Meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pemasaran
  • Memudahkan bagi calon pembeli untuk melakukan pembelian produk khususnya, produk yang sulit  dicari atau jauh dari tempat tinggalnya
  • Meningkatkan daya saing perusahaan

Kekurangan E-commerce
  • Produk yang dijual tidak semuanya ditampilkan
  • Penjelasan produk kurang jelas
  • Sering dijadikan untuk melakukan tindak kejahatan, khusuhnya penipuan

      Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah :
  • E-mail dan Messaging
  • Content Management Systems
  • Document , Spreadsheet , Database
  • Accounting dan sistem keuangan
  • Informasi pengiriman dan pemesanan
  • Conferencing
  • On-line shopping
  • Newsgroup
     Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain : eBay , Amazon.com , dan PayPal

Terimakasih 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar