Senin, 07 Januari 2013

B2B E-Commerce



Business-to-business e-commerce (B2B EC) Transaksi antara perusahaan yang dilakukan secara elektronik melalui Internet, extranet, intranet, atau jaringan swasta, juga dikenal sebagai eB2B (electronic B2B) atau hanya B2B

DASAR JENIS TRANSAKSI B2B DAN KEGIATAN

  •  Sell-side
  • Buy-side 
  •  Exchange 
  • Supply chain improvements and collaborative commerce

KARAKTERISTIK B2B

  •  Pihak Transaksi: Penjual, pembeli, dan Perantara

Online intermediary
secara online perantara
Sebuah pihak ketiga online yang broker online transaksi antara pembeli dan penjual, mungkin virtual atau klik-dan-mortir 
  •   Jenis Transaksi
Spot buying

Strategic (systematic) sourcing
  • Jenis Bahan Diperdagangkan

Direct materials

Indirect materials

MRO (maintenance, repair, and operation)


KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN dari B2B E-Commerce

  • ·        Keuntungan 
Business to Business adalah pasar perdagangan global, di mana Anda dapat membeli apa-apa setiap saat. Tujuan adalah untuk menghemat uang dan baik untuk keputusan segera. Pemasok untuk menggunakan situs ini untuk menanggapi komentar pembeli dan mengirim katalog tambahan. Gunakan link online bukan sarana untuk menyimpan uang membeli agen, memesan bahan dalam kesalahan, kurang efisien dan persediaan gudang untuk meminimalkan lingkungan terdekat. 

Distributor, pemasok, pengecer dan mitra lainnya telah terbentuk pada pelanggan Uni elektronik, produk, pemasok, transportasi, katalog produk, pesaing, rantai pasokan, pemasaran dan aliansi penjualan dan informasi bisnis. Hal ini dapat melacak penjualan sejarah pelanggan, produk sejarah penjualan, mereka juga dapat menjadi biaya dan hal pengiriman, pengaturan transportasi, lokasi persediaan, biaya transportasi dan pengisian persediaan dari waktu respon.


  • ·      Kerugian 
Jumlah website B2B sedini tahun 2000, ada pertumbuhan eksplosif. Untuk mendapatkan pengiriman lebih murah dan lebih cepat, membuka ratusan situs web untuk mendukung, industri otomotif kimia, farmasi, ritel dan lainnya. E-commerce tidak cocok untuk setiap bisnis. 

B2B adalah masalah dalam jenis bisnis akan menyebabkan kurangnya kemungkinan kredit. Misalnya, pemilik elektronik besar pasar sengaja dapat membunuh lebih kecil transaksi pesaing. Penawaran publik elektronik itu sendiri dapat menyebabkan sinyal harga meragukan.

Proses ini sering terjadi di telepon, surat kabar, dan pertemuan tatap muka. Tidak ada yang diberikan untuk menjamin keberhasilan model bisnis B2B. Kebanyakan situs mengenakan biaya kecil per transaksi sebagai persentase dari pendapatan. Alasannya adalah kompetisi. Selain itu, monopoli dari penyedia layanan khusus dan perusahaan sedang membangun untuk sepuluh produk sendiri platform perdagangan dan industri.

Sumber : http://b2b-group.blogspot.com/2011/02/advantages-and-disadvantages-of-b2b-e.html, http://en.wikipedia.org/wiki/Business-to-business

Tidak ada komentar:

Posting Komentar