Jumat, 11 Januari 2013

Mobile Computing and Commerce

Mobile Computing adalah kemampuan teknologi untuk menghadapi perpindahan/pergerakan manusia dalam penggunaan komputer secara praktis.  Penggunaan Mobile Computing dapat memudahkan para pemakai komputer dalam melakukan segala aktifitasnya dengan menggunakan komputer.

Mobile Computing Software :
  1. MOS (Mobile Operation System) : adalah suatu sistem operasi yang mengontrol sistem dan kinerja pada barang elektronik yang mobile, mirip dengan fungsi  Windows, Mac OS X, dan Linux pada Dekstop PC atau Laptop  tetapi lebih sederhana. Biasanya penggunaannya hadir di ponsel pintar, PDA, tablet komputer, dan PMP.
  2. Sistem Operasi Umum: 
  • Android dari Google Inc. (open source, Apache) Sistem operasi yang berbasis linux dan banyak digunakan oleh para pembuat/pabrikan telepon genggam sekarang ini (Samsung, HTC, Motorola, Sony Ericsson, LG, Huawei, dll)
  • BlackBerry OS dari RIM (closed source, proprietary)BlackBerry OS atau disingkat BB OS berbeda dengan BlackBerry Tablet OS, BB OS diperuntukkan untuk ponsel pintar
  • iOS dari Apple Inc. (closed source, proprietary) iOS merupakan OS buatan Apple yang hanya hadir untuk produk-produk buatan Apple 
  • Symbian OS dari the Symbian Foundation (open public license)Symbian terdiri dari beberapa mobile OS yang tidak saling mendukung secara penuh; S60 3rd edition, S60 5th edition, S80, UIQ, MOAP, dan Symbian^3/Anna. Yang masih dikembangkan adalah yang berbasis Symbian^3.
  • Windows Phone dari Microsoft (closed source, proprietary)Windows Phone sebelumnya dinamai Windows Phone 7 series dan diperkenalkan pertama kali pada bulan februari 2010. Seri pengembangan lebih lanjut memiliki kode nama Mango.
Mobile Compuitng Infrastructure :
  • Hardware:
  1. Mobile Phones
  2. PDA’s
  3. Notebooks, Handhelds, Smartpads
  4. E-mail Handhelds
  • Networks and Access:
  • Wireless transmission media:   
  1. Microwave 
  2. Satelites, Radio, etc
Wireless Application Protocol :
Wireless Application Protocol disingkat WAP adalah sebuah protokol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah telepon genggam digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP, melihat/membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format teks khusus. Situs internet ini harus merupakan situs dengan fasilitas WAP. WAP dipublikasikan oleh WAP Forum, ditemukan pertama kali oleh Ericsson pada tahun 1997. Motorola, Nokia, dan Unwired Planet juga melakukan hal yang sama. Anggota Forum itu kini beranggotakan lebih dari 90% pasar telepon genggam, software developer dan organisasi yang lain.

Markup Language :
Merupakan kombinasi teks dan informasi tambahan mengenai teks tersebut. Informasi ekstra tersebut, contohnya mengenai struktur dan presentasi teks, diekspresikan menggunakan markah, yang bercampur dengan teks utama. Bahasa markah utama yang dikenal dalam penggunaan modern adalah HTML(HyperText Markup Language), salah satu pondasi World Wide Web.
Kode HTML memerintahkan browser Web bagaimana menampilkan suatu format pada halaman web, seperti kata-kata (teks),  sertagambar atau grafik. Setiap kode HTML disebut elemen, sebuah dokumen HTML berisi elemen-elemen kode HTML yang disebut Tag.
Located Based M Commerce :
L-Commerce (Location based-Commerce) adalah sistem perdagangan elektronik (e-Commerce) yang menekankan pada pencarian informasi yang dihasilkan oleh peralatan GPS (Global Positioning Systems) dan satelit. Salah satu contoh yang sering dijumpai dalam L-dagang adalah pencarian informasi mengenai letak restoran yang terdekat dengan tempat pengguna Internet tersebut berada. Contoh lain dari L-dagang adalah sistem penelusuran paket pengiriman barang yang dikirim lewat perusahaan UPS atau Federal Express di Amerika Serikat. Namun sekarang, L-dagang juga sudah mulai dipakai untuk melihat waktu kedatangan bis kota secara tepat di suatu halte bis tertentu,  Contoh: Global Positioning System (GPS) adalah sebuah sistem wireless yang digunakan untuk mengetahui dimana posisi Bumi yang menggunakan 24 satelit yang ada. Internet Over Satellite (IOS) adalah akses yang melalui Internet yang mengguanakan satelit GEO dan memiliki transfer data yang cukup besar atau halus.

Security and other implementation issue In m-commerce:
  1. Privacy: Kebanyakan dari sistem e payment mengetahui siapa saja yang menjadi pembelinya, untuk itu sangat diperlukan untuk melindungi identitas pembeli.
  2. Web tracking: Dengan menggunakan software tracking dan log files, perusahaan dapat mencari jejak perpindahan individu dengan menggunakan internet.
  3. Job loss: EC may eliminate jobs.
  4. Disintermediation: Technology eliminates the need for intermediaries, such as travel and insurance agents. Yaitu dapat mengurangi penggunakan intermediaries atau perantara, seperti travel atau agen asuransi.  
  5. Smart card securities solutions: Percakapan suara dapat di intersepsi oleh hackers.
Berikut adalah beberapa keterbatasan dan resiko dari mobile computing:
  • Kurangnya Bandwith
Akses internet pada peralatan ini umumnya lebih lambat dibandingkan dengan koneksi kabel, dengan menggunakan teknologi seperti GPRS, EDGE dan jaringan 3G yang baru – baru ini keluar. LAN nirkabel berkecepatan tinggi tidak mahal, tetapi memiliki rentang yang sangat terbatas.
  • Konsumsi Tenaga
Ketika sebuah stopkontak listrik atau generator portabel tidak tersedia, komputer mobile harus bergantung sepenuhnya pada daya baterai. Ini berarti baterai yang luar biasa mahal harus digunakan untuk mendapatkan masa pakai baterai yang diperlukan.

  • Gangguan Transmisi
Banyak faktor yang bisa menyebabkan gangguan sinyal pada mobile computing seperti cuaca, medan dan jarak alat mobile computing dengan titik pemancar sinyal terdekat. Selain itu penerimaan sinyal di dalam terowongan, di beberapa gedung dan daerah pedesaan seringkali buruk.
  • Potensi Terjadinya Kecelakaan
Beberapa kecelakaan kendaraan bermotor baik mobil maupun motor sering disebabkan oleh pengendaranya menggunakan peralatan mobile seperti handphone saat sedang berkendara. Selain itu juga terdapat rumor bahwa sinyal telepon seluler bisa menyebabkan gangguan kesehatan.
  • Antarmuka Pengguna Dengan Alat
Layar dan keyboard yang cenderung kecil terkadang membuat peralatan tersebut sulit untuk digunakan. Metode input alternatif seperti input suara atau pengenalan tulisan tangan membutuhkan pelatihan untuk menggunakannya.

sumber : http://serenadeyourbreath.wordpress.com/2012/12/26/mobile-computing-and-commerce/,http://elviradenisya8.blogspot.com/2012/12/mobile-computing-and-commerce-and.html

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar