STRATEGI E-COMMERCE
Strategi organisasional merupakan formula berbasis global mengenai :
- upaya perusahaan untuk mencapai misi organisasi,
- tujuan yang ingin dicapai,
- rencana dan kebijakan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan.
Proses perencanaan strategi juga melibatkan para stakeholder utama, meliputi dewan direktor, karyawan dan patner strategis.
Pengembangan strategi akan berbeda, bergantung pada tipa strategi, metoda implementasi, ukuran atau skala perusahaan dan pendekatan yang digunakan.
Fase proses perencanaan strategi terdiri atas;
- Pertama, inisiasi strategi. Pada fase inisiasi strategi, perusahaan menyiapkan langkah-langkah inisial yang dibutuhkan, mereview visi dan misi organisasi, menganalisis industrinya, posisi perusahaan dan posisi pesaing, pertimbangan berbagai isu inisiasi, menguji internal perusahaan dan lingkungan perusahaan. Aktivitas yang prinsip meliputi penyetingan misi dan tujuan organisasi, pengujian kekuatan dan kelemahan organisasi, penilaian faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi busines dan pelaksanaan analisis pesaing. Dalam hal ini, aspek yang ditekankan terletak pada pengujian kontribusi potensial internet dan teknologi yang ada terhadap busines. Outcome spesifik pada fase ini yaitu; analisis perusahaan dan proposisi nilai, kompetensi inti, peramalan dan analisis kompetitor atau pesaing.
- Kedua, fase fomulasi strategi. Formulasi strategi merupakan kegiatan pengembangan strategi untuk mengeksploitasi peluang dan pengelolaan ancaman dalam suatu lingkungan busines, dari sudut kekuatan dan kelemahan korporasi. Aktivitas dan outcome spesifik pada fase ini adalah; evaluasi peluang e-commerce yang spesifik, menganalisis biaya-manfaat, melakukan penilaian dan managemen risiko, perolehan daftar projek atau perolehan aplikasi e-commerce yang disetujui, strategi penetapan harga dan sebuah rencana busines yang akan digunakan pada fase implementasi strategi.
- Ketiga, implementasi strategi. Implementasi strategi merupakan pengembangan terinci, perencanaan jangka pendek untuk melaksanakan proyek yang disetujui pada formulasi strategi. Aktivitas dan outcome spesifik pada fase ini adalah; pembentukan tim WEB yang menginisiasi dan mengelola eksekusi rencana, pelibatan patner busines, pembentukan aliansi busines dan korporasi vitual, proses managemen busines, perekayasaan proses busines, pengenalan perubahan dalam organisasi, perencanaan projek, alokasi sumber daya dan managemen projek serta, mengembangkan program managemen perubahan secara efektif. Implementasi strategi memerlukan investasi infrastruktur yang signifikan. Oleh karena itu, cara yang baik untuk memulai kegiatan implementasi strategi adalah dengan melakukan implementasi pada projek pilot, sebelum investasi yang signifikan dilakukan.
- Keempat, penilaian strategi. Penilaian strategi merupakan kegiatan evaluasi kemajuan matriks e-commerce secara berkelanjutan, menuju tujuan strategik perusahaan, perolehan tindakan korelasi dan reformulasi strategi (apabila diperlukan). Pada penilaian strategi, pengukuran spesifik disebut dengan matriks yang menilai progres strategi.
Pada perencanaan strategi, perusahaan dapat menggunakan berbagai alat dan teknik perencanaan strategis. Beberapa alat dan teknik yang dapat digunakan meliputi;
- SWOT analysis : Sebuah metodologi yang survei peluang dan ancaman eksternal dan berhubungan mereka untuk kekuatan dan kelemahan internal.
- competitor analysis grid : Sebuah alat perencanaan strategis yang menyoroti poin diferensiasi antara pesaing dan perusahaan target
- scenario planning : Sebuah metodologi perencanaan strategis yang menghasilkan masa depan alternatif yang masuk akal untuk membantu pengambil keputusan mengidentifikasi tindakan yang dapat diambil hari ini untuk memastikan keberhasilan di masa depan
- balanced scorecard (BSC) : Sebuah alat manajemen yang menilai kemajuan organisasi terhadap tujuan strategis oleh kinerja pengukuran di sejumlah bidang yang berbeda
- business plan : Sebuah dokumen tertulis yang mengidentifikasi tujuan perusahaan dan menguraikan bagaimana perusahaan bermaksud untuk mencapai tujuan dan berapa biayanya.
- business case Sebuah rencana bisnis untuk sebuah inisiatif baru atau besar, proyek baru di dalam sebuah organisasi yang sudah ada
Tidak ada komentar:
Posting Komentar